JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Tari Cendrawasih

foto by : Wayan yasa
Tarian Cendrawasih merupakan salah satu yang di tampilkan pada "ICE" International Culture Event Sabtu, 10 Desember 2011 di timur Pura Aditya Jaya, Rawangmangun, Pulogadung Jakarta Timur. Tari duet yang ditarikan oleh dua penari putri cantik ini sungguh membuat penonton yang hadir merinding dengan ke elokan tari cendrawasih ini. Kendatipun dasar pijakannya tarian cendrawasih ini adalah gerak tari tradisi Bali, beberapa pose dan gerakannya telah dikembangkan sesuai dengan interpretasi penata dalam menemukan bentuk-bentuk baru sesuai dengan tema tarian ini.

Tari Cendrawasih itu sendiri menggambarkan kehidupan Cendrawasih yang ada di pegunungan Irian Jaya yang pada masa birahi. Busana ditata dengan sedemikian rupa oleh sanggar yang di ketuai Igb Adi Perbawa agar dapat memperkuat dan memperjelas desain gerak yang diciptakan pada event ini.

Tarian Cendrawasih di ciptakan oleh N.L.N.Swasthi Wijaya Bandem (yang juga sebagai penata busana dari pada tarian ini). Keindahan begitu sangat terasa di karenakan di tarikan oleh dua wanita cantik yang saling berpadu gaya serta balutan busana yang indah seperti eloknya bulu burung cendrawasih membuat Tarian ini bisa tetap menjadi pilihan termasuk dalam acara "ICE" International Culture Event yang di adakan oleh Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) dan Pure Organizer.

Penata tabuh pengiring Tarian Cendrawasih pada pementasan saat itu adalah sanggar Bali Widya Budaya Pimpinan : I.G.B. Adi Perbawa, S.Sos, MM. Selain mengiringi tarian ini, sanggar ini juga mempersembahkan beberapa tarian seperti Sekar Jagat, Kebyar Duduk dan Barong Bali.

Adi Perbawa sendiri sangat begitu ramah terhadap orang sekitar yang pada kesempatan itu kebetulan ada pada event itu. Seperti saya sendiri misalnya yang kebetulan suka motrek selalu di arahkan untuk moment mana yang bagus untuk di abadikan. Bahkan penari pun di atur sedemikian rupa agar bisa berpose model di depan kamera saya, ohh makasi Pak Adi P.

Harapan kedepan semoga tarian Cendrawasih ini bisa di pertahankan keberadaanya seiring dengan banyaknya kebudayaan asing yang sudah merambah. Mari pemuda-pemudi en sahabat-sahabat yang suka seni menari lanjutkan dan kembangkan bakat menarinya agar bisa lebih berbau di mata International.