JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Rebusan Daun Sirih Obati Sakit Mata

foto by : Wayan yasa
M A T A merah merupakan salah satu gejala dari sakit mata. Sebagaian dari kita, barangkali selalu menyediakan obat mata di rumah. Hal ini bertujuan agar ketika ada keluhan pada mata atau terjadi iritasi, kita bisa langsung mengatasinya.

Namun sebagian lagi mungkin tidak selalu menyediakan obat mata ini. Sebaiknya kita selalu menyediakan obat mata di rumah. Sepertinya permasalahansakit mata ini merupakan permasalahan sakit yang muadah, namun jika tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan kebutaan.

Mengatasi sakit mata dengan pengobatan alami bisa menjadi pilihan Anda. Obat sakit mata dengan bahan-bahan alami ini mudah ditemui di sekitar kita. Anda bisa manfaatkan sirih (Piper Betle) dan tanaman kitolod (Isotoma Longiflora atau Laurentia Longiflora). Sirih mengandung zat antiseptik. Jika Anda mengalami keluhan mata, rendam 5 lembar daun sirih, rebus dengan 2 gelas air. Air rebusan ini setelah dingin bisa digunakan untuk mencuci mata. Sementara untuk kitolod, tumbuhan ini mengandung senyawa alkaloid ini mengandung racun. Cara penggunaanya cukup dengan meneteskan rendaman daun kitolod pada mata. Rasanya memang perih, namun hanya sebentar. Setelah itu tinggal diurut menggunakan kain lembut dari pangkal ke ujung. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah sekitar mata.

Obat sakit mata yang tersedia luas di pasaran juga bisa menjadi pilihan Anda. Obar mata ini bisa berbentuk obat tetes maupun salep. Pemilihan obat mata tergantung dari penyebabnya dan sesuaikan dengan kandungan zat aktifnya. Biasanya zat ini tidak mengandung efek terhadap mata dan zat aktifnya merupakan antiseptik. (pusdat/dari berbagai sumber).

Bali Post Jumat Kliwon, 27 mei 2011