JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Makanan Terbaik Penurun Kolesterol

foto by : Wayan yasa
Ada beberapa makanan yang terbaik untuk menurunkan kolesterol, kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadi penyakit jantung dan stroke.

Sebelum penyakit itu menjangkit dalam tubuh, alangkah baiknya mencegah lebih dini dengan mengomsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Nah apa saja makanan penurun kolesterol itu mari lihat lebih lengkap.

- Bubur Gandum/oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut (soluble fiber) yang dapat menurunkan kolesterol buruk (low-density lipoprotein / LDL) Anda. Soluble fiber juga ditemukan pada jenis makanan lain seperti kacang ginjal (kidney beans), apel, buah pir, barley, dan buah prune.

- Kacang walnuts, almonds dan jenis lainya
Walnut secara signifikan menurunkan kolesterol dalam darah. Kacang ini mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Kacang Almond juga memiliki faedah yang tidak terlalu beda, dimana penurunan kolesterol dapat Anda rasakan setelah sekitar empat minggu.

- Ikan dan asam lemak omega-3
Banyak riset yang mendukung manfaat mengomsumsi ikan dalam menurunkan kolesterol karena ikan kaya kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Pada pasien yang sudah mengalami serangan jantung, minyak ikan atau asam lemak omega-3 secara signifikan menurunkan risiko kematian mendadak.

- Minyak Zaitun/Olive Oil
Minyak Zaitun atau olive oil mengandung campuran antioksidan potensial yang akan dapat menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL) Anda.

- Makanan yang difortifikasi atau diperkaya sterol dan stanol tumbuhan.
Banyak makanan yang kini telah difortifikasi dengan sterol atau stanol - zat dalam tumbuhan yang membantu menahan penyerapan kolesterol.

Margarin, jus jeruk, atau yogurt ada yang sudah difortifikasi dengan sterol yang bisa menurunkan LDL kolesterol hingga 10 persen. Jumlah sterol tumbuhan yang dibutuhkan untuk mencapai target itu sedikitnya 2 gram yang setara dengan dua porsi (237 mililiter) jus jeruk dengan fortifikasi sterol dalam sehari.

Bali Post Rabu Kliwon, 23 November 2011
(pusdat/berbagai sumber)