JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Dampak Tidur Mendengkur

foto by : Wayan yasa
PENYEBAB menyempitnya saluran napas antara lain: sewaktu tidur otot-otot pernapasan mengendur, juga akibat melemahnya otot tenggorokan adanya amandel yang terlalu besar, lidah jatuh ke belakang akibat posisi tidur yang terlentang. Penyebab lainya, karena adanya benjolan pada tenggorokan sebagai akibat kegemukan atau penyakit tertentu.

Mendengkur ternyata cukup berbahaya. Karena, pada saat mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat menyempitnya saluran napas. Apabila gangguan suplai oksigen tersebut berlangsung lama, saat tidur tubuh kita akan kekurangan oksigen. Akibatnya, nyawa kita akan terancam.


Hal ini biasanya terjadi pada OSA (obstructive sleep apnea) dimana mendengkur sudah mencapai tahap mampu menghentikan pernapasan untuk beberapa saat.

Ciri dengkuran berbahaya tersebut adalah dengkuran terdengar keras lalu tiba-tiba terputus dan dilanjutkan kembali dengan hentakan napas. Saat terjadi situasi seperti itu selalu organ tubuh kita akan bekerja lebih keras, termasuk jantung dan otak. Jantung akan bekerja keras memompa darah lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Sementara itu, otak bekerja keras membuat kita tersadar dari tidur agar pernapasan yang terhenti dapat dilanjutkan kembali.

Dalam jangka pendek seseorang yang mendengkur seperti itu akan merasa mengantuk secara berlebihan pada siang hari saat tidak melakukan kegiatan yang melibatkan fisik. Selain itu, orang tersebut juga akan menjadi mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik.

Dalam jangka panjang orang tersebut akan mudah terserang penyakit berbahaya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke, dan jantung. Hal ini disebabkan karena jantung dan otak mereka akan mengalami kelelahan dan mudah rusak akibat sering dipaksa bekerja keras.

Selain dampak berbahaya tersebut, mendengkur juga dapat menyebabkan tidur menjadi tidak sempurna sehingga selalu muncul rasa ngantuk dan rasa lelah yang berlebihan di siang hari, munculnya berbagai penyakit, seperti: mudah lupa, sakit kepala, darah tinggi, stroke, dan jantung. (pusdat/berbagai sumber)


Bali Post Kamis Wage 04 Agustus 2011