JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Kiat Melatih Anak agar Mandiri

foto en design of : Wayan yasa
TIAP orang tua pasti menginginkan anaknya mandiri. Entah itu dalam berpikir maupun dalam perbuatan sehari-hari. Anak mandiri tidak dapat hadir begitu saja, perlu adanya pendidikan orang tua atau pengaruh lingkungan yang mendukung.

Mendidik anak agar menjadi mandiri adalah salah satu tugas orang tua. Sikap mandiri dapat dibiasakan sejak anak masih kecil, seperti memakai pakaian sendiri, memasang tali sepatu, memakai kaos kaki dan berbagai pekerjaan kecil lainya.

Berikut adalah tips untuk melatih anak hidup mandiri:

1. Berikanlah pujian terhadap kegiatan positif yang telah dilakukan untuk memotivasi si anak untuk berbuat yang sama di lain waktu.

2. Orangtua atau pengasuh, sebaiknya jangan langsung memberikan bantuan jika anak mengalami kesulitan. Berilah dorongan agar anak tidak mudah menyerah.

3. Jika anak menginginkan sesuatu seperti kartun di televisi, buku bacaan atau majalah anak, berilah kesempatan kepada anak memilih. Jika memang apa yang dipilih oleh anak kurang baik buat mereka, berilah alasan yang dapat dia terima mengapa harus memilih yang lain.

4. Dorong dan terus berilah motivasi untuk melakukan kegiatan yang positif buat anak. Setelah orang tua mengetahui bahwa itu adalah bakat si anak, pupuk dan latih terus bakat tersebut.

5. Sesekali ajak dan pancing anak berdiskusi dan memberikan pendapat terhadap suatu permasalahan. Ajak pula anak peka terhadap lingkungan dan membantu sesamanya.

6. Ajak anak untuk berkhayal tentang masa depan, misalnya cita-citanya kelak

7. Terpenting, ajarkan anak bergantung pada-Nya, ajarkan ibadah sejak dini. Dengan begitu saat anak mengalami masalah yang berat, mereka tidak akan mudah masuk dalam pelarian yang merusak masa depanya, seperti miras dan narkoba.

Bali Post Sabtu, 30 Juli 2011
(pusdat/berbagai sumber)