JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Penyebab Bau Mulut

foto by : Widya Patmawati
Bau mulut atau sering disebut Halitosis kadang sering terjadi selama kita menjalani aktifitas sehari-hari. Secara normal apabila mulut kita kering karena air liur yang kurang atau akibat kita kurang melakukan aktifitas berkunyah akan menyebabkan bau mulut tidak segar.

Bau mulut akibat kelainan sesuatu organ dapat terjadi akibat kelainan pada rongga mulut, dari Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), dari saluran pernafasan atau seluran pencernaan. Segabai besar sebenarnya penyebab bau mulut bersumber akibat kelainan pada rongga mulut.

Penyebab bau mulut diakibatkan oleh keadaan kelainan pada gigi sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Kelainan pada gigi yang dimaksud adalah

1.Gigi Berlubang
Pada gigi berlubang terjadi penumpukan sisa makanan dalam lubang gigi tersebut, sehingga terjadi proses pembusukan sisa makanan oleh bakteri dan hal inilah yang menimbulkan bau busuk.


2.Sisa Akar Gigi
Pada akar gigi sisa makanan juga dapat tertinggal akibat adanya permukaan akar gigi yang kasar sehingga sisa makanan yang tertinggal tersebut sulit dibersihkan.

3.Karang Gigi
Karang gigi pada permukaanya akan menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar sehingga hal ini menyebabkan sisa makanan mudah menempel dan sulit dibersihkan dan lama kelamaan akan menyebabkan penebalan lapisan karang gigi yang pada akhirnya menimbulkan bau yang tidak sedap.

4.Peradangan Gusi (Gingivitis)
Radang pada gusi terjadi karena adanya karang gigi yang menempel di gigi dan gusi dimana hal ini akan menyebabkan peradangan gusi. Gusi yang meradang tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

5.Penggunaan Gigi Palsu
Gigi palsuseharusnya dirawat seperti gigi asli sehingga harus selalu dibersihkan dari sisa-sisa makanan, jika gigi palsi tersebut tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yeng tidak sedap.

Mengingat pentingnya kesehatan gigi dan juga informasi bahwa penyebab terbanyak bau mulut adalah karena masalah gigi seperti yang disebut di atas maka masalah seputar gigi dan rongga mulut yang harus diobati. Biasanya jika selama berpuasa terjadi bau mulut akibat kelainan gigi, biasanya keadaan ini akan lebih dirasakan. Oleh karena itu selama berpuasa jika merasakan bau mulut yang berlenihan harus selalu berpikir kemungkinan adanya kelainan pada rongga mulut. (pusdat/berbagai sumber)

Dirangkum dari Bali Post Jumat Kliwon, 5 Agustus 2011