JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

BERAT badan ideal adalah dembaan setiap orang baik laki-laki maupun wanita. Dimana dengan berat badan yang ideal akan membaut kita terlihat lebih sehat, tampan, cantik, menarik dan awet muda.

Berat badan yang ideal juga merupakan salah satu indikastor untuk menilai bahwa seseorang tersebut dikatakan sehat, karena berat badan berhubungan langsung dengan asupan nutrisi dan gizi bagi tubuh. Jika berat badan badan kita berlebih, atau biasa dikenal dengan istilah obesitas, akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem jantung maupun pembuluh darah akan menjadi ancaman bagi orang yang mengalami obesitas. Begitu juga dengan berat badan yang kurang, akan memberi dampak yang tidak baik pula bagi kesehatan dikarenakan keperluan nutrisi untuk tubuh yang kurang.

Di zaman modernisasi ini banyak hal menyebabkan permasalahan berat badan diantaranya kelebihan berat badan, obesitas, kolesterol, perut buncit dan sebagainya. Permasalahn tersebut tidak hanya terjadi di negara maju tetapi juga terjadi di negara berkembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelebihan berat badan karena keturunan, pola makan yang tidak sehat, kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh kita, mengkonsumsi makanan siap saji penuh lemak ayang bisa didapatkan di mana-mana, berbagai sajian minuman soda.

Akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan berat badan bukan saja mengganggu penampilan tapi terlebih penting adalah terganggunya kesehatan kita sehingga memicu timbulnya penyakit diantaranya diabetes, kanker, penyakit jantung, darah tinggi, stroke, nyeri punggung, kolesterol, asam urat, bahkan bisa juga mengakibatkan disfungsi ereksi, karena 70% penyakit umumnya berkaitan dengan masalah diet dan berat badan.

Oleh karena itu, perlu kita ketahui pentingnya menjaga berat badan agar tetap ideal. Berikut ini adalah tips bagaimana menjaga berat badaan ideal : konsumsi makanan yang bervariasi, supaya keperluan tubuh akan berbagai nutrisi terpenuhi; minum banyak air putih, sedikitnya delapan gelas sehari dan kurangi minum-minum yang manis=manis seperti sirup, soda, dll; minum susu; sempatkan sarapan; berolahraga secara teratur selain untuk pertumbuhan tulang yang kuat; jangan menggunakan obat diet yang sembarangan; wanita kehilangan zat besi selama masa menstruasi. Karena itu, pada masa haid harus lebih cermat mengatur kandungan nutrisi yang dikonsumsi. Selain itu, hal yang bisa diterapkan adalah:
  • Variasikan olahraga. Buatlah rutinitas olahraga bervariasi sehingga kita tidak bosan melakukanya. Bila tubuh sudah merasa bosan, kita pun akan merasa enggan untuk melakukanya lagi. Misalkan, apabila selama ini kita rutin melakukan aerobik, tak ada salahnya mencoba mengombinasikanya dengan berenang sehingga kita melakukan jenis olahraga senam air yang malah terbukti lebih efektif.
  • Usahakan untuk tidak melewatkan setidaknya 2 hari tanpa olahraga. Cobalah untuk tetap berkomitmen terhadap tubuh yang ideal. Bila kita membiarkan diri terlalu lama untuk tidak berolahraga, sangat mungkin kita akan kembali ke kebiasaan lama.
  • Cukupi keperluan cairan. Selalu minum air putih setiap merasa lapar atau ingin makan. Rasa lapar sering kali bisa teratasi hanya dengan minum.
  • Selalu simpan camilan sehat. Dengan menyimpan camilan sehat, kemungkinan untuk membeli jajanan tak sehat tentunya akan berkurang.
  • Manjakan diri. Seminggu sekali, boleh saja memanjakan selera makan kita. Namun, jangan sampai kebablasan.
  • Bikin target baru. Sekarang kita telah mencapai berat badan ideal, apalagi yang ingin dilakukan? Selain akan membuat tubuh ideal terjaga, kita pun akan mendapat pengalaman baru yang menyenangkan. (pusdat/berbagai sumber).
Bali Post Jumat Paing, 25 November 2011