JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Jalan Kaki, Menyehatkan

JALAN sehat sangat diperlukan dan merupakan suatu keharusan untuk menunjang agar tubuh tetap sehat, jika setiap orang sudah sehat jasmani maupun rohani tentu mereka akan berperan dalam segala hal di dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa alasan mengikuti jalan sehat, kita dapat mengajak masyarakat untuk menyediakan waktu untuk olahraga jalan pagi. Disamping murah meriah, juga bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga dan hal ini akan memungkinkan terbentuknya keluarga yang harmonis. Karena tujuan jalan sehat membentuk seseorang sehat jasmani maupun rohani, jujur, terampil dan berdedikasi tinggi.

Dalam kehidupan sehari-hari gerak tubuh sangat diperlukan dalam penyesuaian lingkungan, perlindungan terhadap kondisi yang berbeda dan untuk mempertahankan kehidupan selanjutnya. Pada individu yang normal, gerak tubuh tidak hanya untuk jalan, berlari tetapi gerak tubuh juga dapat mencegah penyakit.

Demikian juga dalam jalan sehat, suatu gerak kaki atau gerak tubuh yang memiliki unsur kekuatan, kecepatan, dan daya tahan tertentu, yang hampir sempurna bukan suatu yang mustahil untuk mencapai kesehatan tubuh. Karena dengan berjalan maka otot-otot kaki akan baik. Besarnya kekuatan otot tergantung dari besarnya penampang otot, karena semakin besar penampang otot, maka besar pula kekuatanya untuk berjalan atau menempuh suatu perjalanan, karena otot ini yang meningkatkan kekuatanya, maka semakin meningkat pula batas kemampuan untuk berjalan.

Kekuatan otot melukiskan kontraksi maksimal yang dapat dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot. Kemampuan otot, yang dinilai umumnya adalah otot kaki. Kekuatan otot tungkai merupakan dasar dari tubuh sehat dan kuat, sehingga kaki dan tungkai dapat berfungsi dengan baik, di samping otot-otot itu sendiri dapat berfungsi mengatur gerakan tubuh dan lain-lainya. Secara umum dapat dikatakan bahwa otot yang baik banyak ditentukan oleh kebugaran fisik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam jalan santai, antara lain unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, ketahanan dan ketelitian. Unsur-unsur ini memiliki hubungan erat dengan kegiatan otot, seperti diketahui bahwa otot kaki merupakan bagian dari susunan alat gerak yang sangat diperlukan untuk melakukan gerakan kaki. (pusdat/berbagai sumber).

Bali Post Senin Pon, 21 November 2011