JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Tari Teruna Jaya

foto by : Wayan yasa
SENI BALI mulai dari dekorasi, tari, sampai dengan alunan musik memang menarik untuk diikuti, dan keberadaannya senantiasa mendapat perhatian serta ketertarikan dari masyarakat luas.

"Tari Bali" walaupun pada dasarnya kesenian Tari tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain, untuk membahas dengan rinci, diperlukan penajaman, berupa penyempitan lingkup pembicaraan. Dengan demikian, setiap kita membahas sebuah cabang kesenian Tari tertentu hendaknya kita tidak mengabaikan arti dan peran cabang seni Tari yang lain. Kesemuanya padu dan bertemu dalam sebuah kesatuan keindahan yang erat dan rapat, hingga terkadang tanpa celah.

Bali sudah begitu sangat terkenal ke seluruh dunia International dengan khas budaya salah satunya yaitu seni Tari. Misi kesenian Bali ke luar negeri untuk mempromosikan Bali khususnya dan Indonesia umumnya sudah sering berlangsung dan mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat serta para penonton yang terkagum dan terkesima dengan gerakan-gerakan tari Bali yang enerjik, lemah lembut apalagi tat kala melihat lirikan mata dan jari-jemari yang mengikuti suara gambelan sebagai pengiring tarian.


Tari Bali penuh dengan simbol-simbol. Baik simbol dari kehidupan nyata maupun simbol kehidupan alam lain dan mimpi-mimpi. Hanya peradaban manusia yang mengerti arti simbol. Simbolisme yang digambarkan oleh para seniman Tari di Bali sangat komunikatif. Tidak hanya menghibur hati, tetapi dapat memberikan pedoman yang mudah dicerna tentang benar dan salah, tentang baik dan buruk. Drama dan tari tidak hanya menghubungkan nalar dan rasa antar manusia, tetapi juga menghubungkan alam sekala dan niskala manusia secara harmonis dan estetis.

Tari Teruna Jaya adalah salah satu Tari Bali yang sangat lincah dan enerjik. Tari Teruna Jaya adalah suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara (Buleleng) yang melukiskan gerak-gerak seorang pemuda yang menginjak dewasa, sangat emotional, tingkah atau ulahnya senantiasa untuk menarik / menikmat hati wanita. Tari Teruna Jaya termasuk tari putra keras yang biasanya ditarikan oleh penari putri. Tari ini merupakan ciptaan Pan Wadres dalam bentuk Kebyar Legong yang kemudian disempurnakan oleh I Gede Manik.

Tari Bali pada umumnya dapat dikatagorikan menjadi tiga kelompok, yaitu wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung, dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung. Dalam hal ini Tari Teruna Jaya merupakan bagian dari kategori tari balih-balihan yang dimana untuk hiburan.

Bali menyimpan banyak budaya dan seni. Menjadi bagian dari pemuda bali tentunya saya merasa bangga dengan terkenalnya seni tari Bali sampai ke kancah mancanegara. B A L I (Bersih, Aman, Lestari, Indah) ya begitulah kepanjangan dari Bali itu sendiri, tetapi apakah Aman itu akan tetap terjaga sampai 5 tahun kedepan, dengan tingkat kriminalitas di Bali dewaasa ini semakin meningkat tiap harinya?...Mari renungi bersama!