JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Bahaya Bertindak Tanpa Kesabaran

design of Wayan yasa
Berbagai pihak hendaknya bersikap tenang dan sabar. Bertindak cepat itu baik tapi tidak boleh tergesa-gesa seperti selogan dewasa ini yang enak di dengar "Semakin Cepat, Semakin baik" apakah itu benar dalam pelaksanaanya masih belum jelas. Bertindak teliti dan hati-hati itu juga baik tetapi jangan terlalu ruwet ampe belibet nyelimet.

Tenang dan sabar muncul karena kuatnya daya spiritual menguasai dinamika intlektual dan kepekaan emosional. Aktivitas spiritual itu dikuatkan dengan fokus kepada kesucian Tuhan sehingga intlektual dan dinamika menjadi tersaring. Dengan sabar yang memfokuskan daya spiritual itu akan mampu memunculkan pikiran-pikiran murni dan terarah, nahh kesabaran inilah yang dapat menghindari bertindak tanpa kesabaran itu.

Menghadapi berbagai dinamika kehidupan individu atau sosial hendaknya dengan sabar dan tenang, tenang dan sabar itu bukan berarti pasif menerima suatu keadaan. Sikap pasif seperti itu adalah kemalasan bukan kesabaran. Sabar itu adalah sikap yang dikendalikan oleh kuatnya kecerdasan spiritual dan intlektual mengendalikan gejolak emosional.

Dewasa ini banyak timbul tindakan yang bersumber dari ketidaksabaran. Salah satu pemicu Stres tingkat tinggi dan kesalah pahaman dalam memahami pesatnya kemajuan iptek. Dari kemajuan iptek itu masyarakat sudah mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas kehidupanya. Berbagai kemudahan hidup yang didapatkan dari hasil iptek itu seharusnya tidak membuat manusia menjadi saling tikam,Stress tingkat dewa,bersaing negatif dan manja.

Dimanjakan oleh kemajuan iptek dapat menimbulkan ketidaksabaran sehingga manusia akan ingin semua serba cyber dan apapun dilakukan untuk mencapai tujuanya. Ketidaksabaran dapat juga dipicu oleh adanya kesenjangan yang tajam dalam masyarakat. Ada orang yang tidak begitu banyak bekerja, pendidikan juga tidak begitu tinggi, tetapi sangan mudah meraih rejeki dengan jalan pintas yang hasilnya benar-benar signifikan. Ada pihak lain yang sudah kerja keras tetapi sulit mendapatkan rezeki. Orang yang tidak memiliki wawasan yang memadai tentang hidup ini sering kecewa dan tidak sabar. Ujung-ujungnya mereka frustasi menghadapi kenyataan godaan hidup sehingga sangat banyak manusia di tahun kepala 2 ribuan ini mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Sikap sabar akan tumbuh apabila pendalaman ajaran agama dilakukan dengan seimbang antara membangun keheningan spiritual, kecerdasan intlektual dan ketenangan emosional. Tanpa kesabaran membangun kehidupan bersama justru akan menimbulkan kerunyaman yang tidak akan ada pangkal hentinya di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.