JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hari Some Ribek

Foto by : Wayan yasa
"SOME RIBEK" Senin, 21 November 2011. Sang Hyang Tri Murti sedang beryoga dan lumbung sebagai tempatNya itu menurut Sundari Gama (Sinar Agama). Pada hari ini diadakan widhi widhana untuk selamatan atau penghormatan terhadap beras di pulu dan padi di lumbung yang sekaligus mengadakan pemujaan terhadap Dewi Sri sebagai rasa syukur serta semoga tetap memberi kesuburan.

Hari Soma Pon Sinta ini boleh dikatakan Hari Pangan bagi umat Hindu. Pada some ribek ini umat hindu diminta ngastiti kehadapan Sang Hyang Tri Pramana yaitu: Cri, Sadhana dan Saraswati. Pada Soma Ribek umat hindu tidak dibolehkan menumbuk padi dan menjual beras. Pasalnya, hari itu merupakan hari peringatan terhadap kehidupan yang identik dengan beras. Tetapi pantangan itu belakangan ini mulai dilanggar.

Dewasa ini kegiatan spiritual some ribek mulai berkurang seiring perkembangan teknologi serta sistem pangan yang ada di tahun 2011 ini. Kala dulu kegiatan dari pembajakan sawah sampai menuai padi selalu diawali dengan banten dan doa-doa sesuai susunan acara umat hindu. Namun kenyataan yang ada pada saat ini malah semua kegiatan itu semakin menipis bahkan sirna keberadaanya. Cukup dengan membeli beras impor yang dijual bebas di Pasar, kebutuhan untuk beras sudah bisa terpenuhi. Dan jika sitem ini semakin berkembang berkesinambungan tentunya akan menyusutnya budaya serta adat bali yang kental agama spiritualnya.

Umat hindu hendaknya mewarisi budaya spiritual tersebut ke generasi penerus yang dewasa ini sudah mulai meniru serta condong dengan keberadaan budaya barat yang sudah mewabah. Mengikuti kemajuan teknologi tentunya sangat baik untuk kelangsungan hidup, tapi ingat jangan sampai lupa dengan budaya spiritual yang sudah ada sampai-sampainya menganggap bahwa semua itu sudah kuno dan ketinggalan jaman.

Berbanggalah kita sebagai umat hindu yang banyak mempunyai warisan budaya spiritual untuk di jaga dan dipertahankan keberadaanya. Lakukan dan ikutilah kemajuan teknologi yang semakin berkembang namun semua itu perlu benteng diri yang kuat untuk memagari budaya-budaya asing yang masuk. Kalau bukan  kita sebagai umat hindu yang menjaga budaya bali siapa lagi! Kuno bukan berarti NO dan Cesss bukan berarti YES.

Selamat hari Some Ribek untuk umat hindu dimanapun berada, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa melimpahkan rahmat dan rejekinya untuk kita semua. Banyak bersyukur atas karunianya dan tetap berusaha menebar kebaikan menuju kehidupan yang SANTHI.