JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hari Banyu Pinaruh

foto by : Wayan yasa
Setelah semalam suntuk melakukan "Jagra" (melek) terkait perayaan Hari Suci Saraswati yang diperingati setiap 210 hari. Akhirnya Minggu, 20 November 2011 tiba saatnya seluruh umat hindu melaksanakan pembersihan diri "Banyuh Pinaruh" biasanya dilakukan usai sembahyang tengah malam atau pukul 00.00 wita, dilanjutkan menuju sumber mata air (Pantai) untukmelakukan pembersihan.

Makna dari Banyu Pinaruh itu adalah untuk membersihkan diri secara badaniah. Namun secara bathin memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam manifestasinya sebagai Dewa Wisnu untuk memohon penyucian diri.

Setelah melakukan berbagai kegiatan dan aktifitas hiruk pikuknya pekerjaan dan kehidupan didunia Minggu, 20 November 2011 hari ini diyakini umat hindu dengan melakukan upacara banyu pinaruh akan bersih dari hal kotor yang melekat di jiwa dan raga.

Pembersihan diri tidak hanya dilakukan dengan melakukan mandi, keramas di pantai saja, namun dibarengi dengan pembersihan pikiran agar mengurangi sifat negatif yang dominan ada pada diri sendiri. Begitu pula dengan saya, di hari banyu pinaruh kali ini tidak dapat melakukan pembersihan diri ke sumber mata air atau pantai, namun tetap ingat dan menjalaninya di tempat saya tinggal di jakarta saat ini.

Dengan rasa tulus saya lakukan pembersihan badan jasmani dalam se-bak air yang sebelumnya saya aturkan sesajen berupa canang sari di persembahkan kehadapan Ida sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi Dewa Wisnu sembari berdoa dalam hati memohon pemelukatan (pembersihan). Seusai pembersihan badan jasmani saya langsung mengenakan pakaian adat madia untuk melakukan persembahyangan di padmasana mes.

Selain melakukan persembahyangan Banyu Pinaruh, saya juga melakukan persembahyangan kehadapan leluhur di Bali (Ngayat) untuk memohon petunjuk dan tuntunan agar di hari ini diberikan kemudahan serta kesehatan untuk UAS.

Keseimbangan diri diraih ketika keselarasan, serasi antara jasmani dan pikiran. dengan melakukan pembersihan di hari banyu pinaruh ini semoga menemukan keseimbangan serta ketenangan dalam hidup. Selamat merayakan Hari Banyu Pinaruh untuk umat hindu dimanapun berada. Salam wayanyasadotcom...