JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hari Sabuh Mas

foto en design of : Wayan yasa
Hari raya Sabuh Mas, tahun 2011 ini jatuh pada Selasa, 22 November 2011 yang datang 210 hari sekali pada hari Anggara Wage Wuku Sinta adalah Pesucian Sang Hyang Mahadewa dengan melimpahkan restunya pada raja berana seperti logam mulia, (emas, perak), harta, permata, manik dan sebagainya.

Secara fisik diwujudkan dengan mengadakan Widhi Widhana sebagaimana biasanya, seperti melakukan pembersihan, pemeriksaan keadaan, serta pemeriksaan keamanan dan pengamanannya. Adapun pelaksanaannya adalah dengan menghaturkan upakara suci daksina, peras penyeneng, sesayut merta sari, canang lenga wangi burat wangi, pabersihan pasucian pangreresik pada harta benda yang berupa mas, mirah, permata dan yang sejenisnya.

Dalam menghaturkan banten ini biasanya dipimpin oleh pemangku atau orang suci lainya untuk melakukan persembahyangan serta ngayab upakara. adapun tujuan dari prosesi ini adalah memuliakan/mengagungkan segala tingkah laku dan kepribadian agar menjadi lebih baik dan agar anugerah berupa harta yang didapat bisa berguna dan bermanfaat bagi orang banyak.

Pada hari ini umat disarankan melakukan asuci laksana, memuja dan bermeditasi pada SANG HYANG MAHADEWA agar beliau berkenan menumbuh kembangkan sifat-sifat mulia yang ada pada diri kita seperti sifat welas asih, suka membantu, sifat sabar, sifat rendah hati dan sejenisnya serta mencurahkan penghargaan penuh dengan rasa syukur atas keberadaan mas manik raja berana serta benda-benda berharga lainnya.

Dengan melakukan semua dari dasaring hati semoga kita diberikan kesempatan dan kemampuan untuk mengisi hidup ini dengan perbuatan-perbuatan mulia. Dengan selalu melakukan perbuatan mulia, lama-lama kita akan dimuliakan orang. Dan pada akhirnya hidup kita akan penuh kemuliaan. Semoga hal itu bisa terjadi pada kehidupan kita sekarang dan yang akan mendatang.

Selamat Hari Sabuh Mas bagi yang merayakan, semoga Sang Hyang Mahadewa memberi limpahan rejeki untuk kita semua. Hidup Sejahtera dan tentram merupakan dambaan setiap insan yang ada di dunia. semoga bermanfaat. suksma!