JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hari Penyekeban Galungan

design by Wayan yasa
Hari Penyekeban/Turunnya Sang Buta Kala Tiga/Redite Paing Dunggulan : Berusaha melenyapkan nafsu jahat, loba, iri hati, dengki, sedih hati, nafsu marah, dengan jalan tapa, berata, semadhi. Membuat tape untuk hari raya galungan merupakan kegiatan mayoritas di hari ini. Tiga hari sebelum Galungan - "Penyekeban" - keluarga mulai melakukan berbagai persiapan untuk Galungan. "Penyekeban" secara harfiah berarti "hari untuk menutupi", karena ini adalah hari ketika pisang hijau yang ditutup-tutupi dalam pot tanah liat yang besar untuk mempercepat pematangan mereka.

Penyekeban Galungan pada Sabtu,28 Januari 2012 diceritakan Sang Kala Tiga Wisesa turun mengganggu manusia. Karena itulah pada hari tersebut dianjurkan “anyekung jñana”, artinya: mendiamkan pikiran agar jangan dimasuki oleh Butha Galungan. Dalam lontar itu juga disebutkan nirmalakena (orang yang pikirannya selalu suci) tidak akan dimasuki oleh Butha Galungan. dikatakan penyekeban galungan karena saat itu warga bali sudah memulai persiapan upacara, yaitu nyekeb buah2an.

Dari beberapa rangkaian upacara Galungan tentunya semua rangkaiannya sangat berkaitan erat antara satu dengan yang lainya. Untuk dapat melakukan pemahaman secara lebih jelas silahkan klik ini.

Semoga Galungan dan Kuningan kali ini berjalan sesuai dengan harapan yang dikehendaki bersama yaitu, Damai, Tenang, Senang dan Rindang. Selamat Hari penyekeban di hari sabtu yang indah ini. Rahajeng