JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Baik Buruknya Hari Unik 12-12-12


Desember sudah! bertanda tahun baru sudekat didepan mata untuk menyambutpergantian tahun 2012 ke tahun baru 2013. Bulan desember tidak pernah lepas dari yang namanya "Natal" Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember; dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari (lihat pula Epifani).

Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas

Terlepas dari Hari Raya Natal, Bertepatan Hari ini pula yakni Rabu, 12 Desember 2012 alias 12-12-12 merupakan hari yang sangat unik dan bagus tentunya karena dari tanggal, bulan dan tahunya berangkakan 12 (dua Belas). Di Bali hari unik ini disebut hari Buda kliwon ugu sasih kanem.

Pada hari unik ini di Indonesia umumnya dan di Bali khususnya ada odalan/karya/rainan di beberapa pura yakni di: Pura Dalem Tarukan Pusat desa Pulasari, Peninjoan, Tembuku, Bangli yang dimana rumah saya di banjar Cau marga keluarga besar I Wayan Sadri (Pekak saya) merupakan pengempon pura Dalem Tarukan sebagai Kawitan. Rencana Keluarga besar I Wayan Sadri akan melakukan persembahyangan kesana di hari kamis lagi dua hari.

Disini saya paparkan sedikit dimana saja odalan di Pura-Pura, adapun debagai berikut: Pura Pemayuan desa Banyuning, Buleleng, Pura Pasek Gelgel Boading Desa Kaba-kaba, Tabanan, Pura Desa Khayangan Tiga Desa Bunbunan, Seririt, Buleleng, Pura Agung Gunung Rawung Desa Taro Kaja, Tegallalang, Pura Dalem Puri Besakih, Merajan Pasek Dangka Desa Bungbungan, Merajan Agung Tabu Salah Banjar Jeroan, Desa Patemon, Seririt, Buleleng.

Untuk mengetahui baik Buruknya hari unik 12-12-12 ini, disini sedikit saya jelaskan menurut kalender bali tahun 2012 yang disusun oleh Guru Bangbang Gde Wisma. Pada hari Buda Kliwon Ugu Sasih Kanem ini sangat baik untuk upacara Dewa Yadnya. Buda + Saniscara - Hari Ulat: Sri Tumpuk, Sri Murti, Kutila Pas Mungkah, Bojog Munggah, Catuspata Pemanggahan, Tri Perawani, Gagak Anungsung Pati, Kala Tinantang, Sikepan, Katibanan Carik, Ratu Ngajum Payas. Kala Pati, Kala Rumpuh.

Selain uniknya tanggal 12-12-12 ini, hari ini juga merupakan HARI TRANSMIGRASI. Di Bali pada hari ini dipercaya hari baik untuk: Melaksanakan Upacara Dewa Yadnya, Bhuta Yadnya, Upacara Mebiyu kukung, Mantenin Padi di Lumbung, Melaspas Bangunan Suci, Menyimpan Padi di Lumbung, Memelihara ternak, Melubangi Hidung Godel/kerbau, Membuat alat penangkap ikan, Berburu/mepikat, Membuat taji/keris, Berdana punia, Mencukur rambut, Memberi nasehat atau mengajar, Memotong dangkul/ngirisin, Larangan bersanggama, dan Menebang Kayu untuk bangunan.

Dengan mengetahui larangan dan anjuran menurut kalender Bali diatas apakah semua itu benar keberadaanya? marilah kita renungan dan sesuaikan dengan desa, kala dan patra di wilayah tempat tinggal anda. Semoga dengan kehadiran postingan ini dapat memebri manfaat untuk anda yang akan melakukan kegiatan di alam nyata sehingga tidak ada hambatan yang berarti berharap menemui kepuasan dan kesuksesan.