JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Pemeriksaan Kandungan Keempat di Dokter

foto by Luh Widya
Begitu bahagianya di tanggal cantik hari ini 12-12-12 banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan begitu sangat penting untuk di historykan.Pertama itu Pemeriksaan kandungan Luh Widya yang keempat kalinya di dokter Wardiana dan kedua itu tepatnya sekarang Buda Kliwon Ugu sasih kanem Odalan di Pura Kawitan Dalem Tarukan Pusat Desa Pulasari, Peninjoan, Tembuku, Bangli yang merupakan Kawitan keluarga besar I Wayan Sadri.

Seluruh keluarga besar I Wayan Sadri melakukan persembahyangan ke Pura Kawitan Dalem Tarukan yang ada di Bangli dengan membawa mobil minibus yang disewa muat 12 orang. Lain cerita keluarga kecil dari I Wayan Sukarma yang merupakan bagian dari keluarga besar I Wayan Sadri berangkat dari Banjar Semaga, Penatih Denpasar.

Terlepas dari Odalan yang ada di Pura Dalem Tarukan Pulasari Bangli, dihari cantik ini pula Luh Widya melakukan cekup Kandunganya keEmpat kalinya di Dokter Wardiana yang ada di Denpasar Bali. Berangkat dari Banjar cau Marga sekitar pukul 18.05 Wita waktu Bali Luh Widya yang ditemani oleh Bapak dan Mama serta digandrung oleh si unyil (mobil keluarga) langsung capcus menuju kediaman Dokter Wardiana.

Suasana dan cuaca dihari cantik 12-12-12 ini sangat mendukung, yakni mendung adem namun tidak hujan sehingga menjadikan perjalanan pemeriksaan kandungan yang keempat ini terasa hikmat penuh canda tawa tanpa adanya uwek-uwek en mual-mual yang berlebihan dari Luh Widya

Sekitar pukul 20.15 wita sudah tiba di tempat praktek dokter Wardiana dan langsung mengambil nomer antrean, yang mendapat gelombang ke-5 (lima) untuk Mama Ija. Hiks!, sabar ya Mama,,,sambil berseda gurau Luh Widya menyempatkan diri untuk foto-foto ruang sekitar ruang tunggu Dokter Wardiana dan narzis-narzis dikit sehingga hasil jepretan Luh Widya bisa dimuat dalam postingan kali inih, macacih mama yahh,,muacchh..

Berselang beberapa menit kemudian tiba saatnya Luh Widya mendapat giliran untuk melakukan pengecekan kandunganya, dimulai dari senyum khas sang dokter dan saling bersalaman menandakan pemeriksaan akan dimulai, adapun tambahan di pemeriksaan keempat ini adalah Mama Ija di Imunisasi  Tetanus.
Gambar ilustrasi dari Google
Sedikit saya ulas mengenai Imuniasi Tetanus (TT) yah,,Mengapa Ibu hamil dianjurkan untuk Imunisasi TT (tetanus toxoid)? Ya! untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi yang akan dilahirkan !. Jadi para bumil janganlah malas untuk pergi imunisasi.

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang masuk melalui luka terbuka dan menghasilkan racun yang kemudian menyerang sistem saraf pusat. Bakteri ini secara umum terdapat ditanah,jadi ia bisa ditemukan pada debu, pupuk, kotoran hewan,dan sampah. Tetanus ini menyerang siapa saja,anak – anak juga orang dewasa. Bahkan bayi baru lahir sekalipun, yang bisa berakibat fatal.! Penyakit yang menterang bayi itu biasa disebut Tetanus neonatorum

Tetanus biasanya menyerang bayi -bayi yang lahir ditempat yang tidak bersih dan tidak menggunakan alat – alat persalianan yang steril. atau juga riwayat dari ibu hamil yang mungkin terluka sebelum melahirkan yang lukanya mengandung bakteri tetanus tersebut.

Salah satu pencegahan terkena penyakit ini,bumil haruslah menjaga kebersihan dan melahirkan ditolong oleh tenaga kesehatan yang profesional. dan yang penting juga Bumil harus imunisasi .Perlu ibu ketahui imunisasi TT adalah proses membangun kekebalan sebagai pencegahan terahadap infeksi tetanus. Dimana imunisasi tersebut bisa diberikan pada bumil pada trimester I a/d trimester III.

Adapun manfaat imunisasi TT ibu hamil adalah bisa melindungi bayinya yang baru lahir dari tetanus neonatorum dan melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka. dan ibu tidak usah terlalu khawatir,imunisasi ini tidak ada efek sampingnya kok. Bila pun ada,itu hanya gejala ringan seperti nyeri ,kemerahan dan pembengkakan kecilpada tempat suntikan dan akan hilang dalam 1-2 hari tanpa tindakan pengobatan. Karena TT adalah antigen yang sangat aman untuk Bumil dan juga janin.

So,jangan malas untuk imunisasi TT ya bu!. Hanya 2 kali yaitu TT pertama dapat diberikan sejak diketahui setelah positif hamil dan TT kedua minimal 4 minggu setelah TT pertama. Sedangkan batas terakhir pemberian TT yang kedua adalah minimal 2 minggu sebellum melahirkan. Dan Akan lebih bagus lagi bila iBu imunisasi TT sebelum anda hamil.

Intensitas konsumsi makan Luh Widya sudah semakin bertambah dari bulan-bulan sebelumnya namun tidak sampai target untuk menaikan berat badan maksimal layaknya Ibu Hamil pada umumnya, di pemeriksaan kandungan keempat kalinya ini berat badan Mamam Ija 56,2kg tidak bertambah dari berat badan sebelumnya dipemeriksaan kandungan ketiga kalinya.,hiks

Pemeriksaan Kandungan keempat kalinya ini dokter sudah bisa mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung Mamam Ija, diperkirakan sang buah hati akan terlahir dengan jenis kelamin FEMALE alias Cewek atau aku nyebutnya Awewek, he he he apapun jenis kelaminnya sebagai seorang Ayah selalu mensyukuri dan akan merawat buah hati kami dengan baik serta penuh kasih sayang mengingat sang calon bayi merupakan anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa /Tuhan yang maha esa yang dititipkan kepada Kami Berdua Wayanyasa dengan Luh Widya red.

Keadaan janin dalam kandungan sangat baik dan begitu aktif walaupun calon bayi agak kecil terlihat. Untuk bulan selanjutnya pada pemeriksaan kelima kandungan Luh Widya dokter Wardiana menyarankan untuk datang ke Bali Med sebelum datang ke tempat prakteknya yang sekaranng di jln ponegoro agar mendapat pemeriksaan Lab lengkap untuk mencagah hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti biasa untuk terakhir kalinya menuju kasir dan menebus obat serta vitamin ditempat yang berbeda yang ditemani Bapak en Mama. Tumben-tumbenya Mama Luh Ija ikut kedalam untuk melihat calon cucunya katanya,,haa haa haa,..jabat tangan serta salaman dengan dokter Wardiana menandakan sudah berakhirnya pemeriksaan Kadnungan Keempat ini.

Sehabis ambil obat dan vitamin Mama Ija, Bapak dan Mama menyempatkan ke pasar malam untuk memburu makanan ala ponegoro Denpasar alah nemunya malah Ayam Bakar. Maem dehh...

Dengan perut sudah berisi penuh akhirnya langsung menuju rumah dengan riangnya sambil bersenda gurau. Syukur yang teramat saya panjatkan dari nanjauh disini semoga semua keluarga kecil hamba dalam keadaan sehat walafiat dan anak pertama hamba terlahir dengan selamat, Astungkara!