JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hari Saraswati Mama Ija Sembahyang

design: Wayanyasa/ foto: Luh Widya
Hari Saraswati merupakan hari turunya ilmu pengetahun yang hari ini umat hindu melakukan pemujaan terhadap tuhan dalam manifestasi Dewi Saraswati. Dalam kesempatan hari ini Sabtu,13 Januari 2013 Mama Ija pertama kalinya merayakan Hari Saraswati dalam keadaan mengandung. Puja dan puji syukur dipanjatkan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya Dewi Saraswati atas limpahan Ilmu Pengetahuan yang selalu bersinar kekal abadi dalam kehidupan.

Dengan umur kandungan tepat di 23 minggu 4 hari alias 165 hari hari ini Mama Ija melakukan persembahyangan saraswati bersama Ayahanda tercincah, Luh Nia dan Luh Devi. Upacara persembahyangan dilaksanakan di Pura Desa yang ada di Banjar Cau Marga Tabanan - Bali yang dipimpin oleh semua pemangku Pura Tri Khayangan Tiga Banjar Cau.

Diawali dengan tangkil atau sembahyang di Sanggah Kawitan yang ada di Rumah Jero mangku Pura Dalem yang ada di Banjar Cau marga, menandakan perayaan Hari Turunya Ilmu Pengetahuan hari ini akan segera dimulai oleh Mama Ija. Piodalan di Merajan Kawitan (Merajan Jero Mangku Dalem) dirayakan berbarengan dengan Hari Raya Saraswati. Bagi umat Hindu di Indonesia dirayakan setiap 210 hari sekali menurut kalender Jawa Bali, yakni pada setiap Saniscara Umanis Watugunung.

Persembahyangan berjalan dengan khusuk dan hening. Semoga dengan lebih banyak melakukan pendekatan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan persembahyangan serta memanjatkan syukur, Mama Ija dan Calon Sang Bayi selalu diberkati anugerah kesehatan.

Mama Ija (Sabtu,13 Januari 2013
Sedikit pemaparan tentang Saraswati dijelaskan, Sarasvati di dalam Veda pada mulanya adalah dewi Sungai yang diyakini amat suci. Dalam perkembangan selanjutnya, Sarasvati adalah dewi Ucap, dewi yang memberikan inspirasi dan kahirnya ia dipuja sebagai dewi ilmu pengetahuan. Kata Sarasvati dalam bahasa Sanskerta dari urat kata Sr yang artinya mengalir. Sarasvati berarti aliran air yang melimpah menuju danau atau kolam.

Dalam pemujaan terhadap Dewi Saraswati di Hari Saraswati pemangku mengucapkan dua bait mantra berikut :

Om Sarasvati namas tubhyam,
varade kama rupini,
siddhirambha karisyami,
siddhir bhavantu mesada.

Pranamya sarya-devana ca,
Paramatmanam eva ca,
rupa siddhi prayukta ya,,
Sarasvati (n) namamy aham.

(Sarasvati 1-2.)

Hanya Engkaulah yang menganugrahkan pengetahuan yang memberikan kebahagiaan. Engkau pula yang penuh keutamaan dan Engkaulah yang menjadikan segala yang ada.

Engkau sesungguhnya permata yang sangat mulia, Engkau keutamaan dari setiap istri yang mulia, Demikian pula tingkah laku seorang anak yang sangat mulia, karena kemuliaan-Mu pula semua yang mulia menyatu.

Om Sarasvati namotubhyam
varade kama rupini,
siddhirambha karisyami
siddhir bhavantu mesada


(Sarasvatistava I)

Om Hyang Vidhi dalam wujud-MU sebagai dewi Sarasvati, pemberi berkah, wujud kasih bagai seorang ibu sangat didambakan. Semogalah segala kegiatan yang hamba lakukan selalu berhasil atas karuniaMu.


Saking mencintai akan kebesaran dan keagungan Dewi Saraswati, Alam Dewata Band yang merupakan salah satu band yang ada di DKI Jakarta mengembangkan mantra saraswati ini menjadi sebuah lirik lagu yang sangat indah untuk didengar. Band yang didirikan oleh Wayan Agus Sumarjaya (Vokalis) ini menyatukan antara musik band dengan gambelan Bali sehingga terwujud sebuah kolaborasi yang patut diapresiasi agar langgeng keberadaanya.

Pencipta lagu Saraswati Puja ini adalah Agus Widodo yang merupakan seorang umat Hindu taat dan mempunyai spiritual tinggi dalam beragama. Inspirasi yang luar biasa Agus Widodo rikala Hari Saraswati di Pura Aditya Jaya Rawangmangun membuat lantunan Lagu Saraswati Puja ini bisa tercipta. Harapan kedepan semoga dengan adanya lantunan lagu ini, membuat semua orang lebih mengenal secara mendalam mantra saraswati itu sendiri, sehingga pelapalanya gampang diingat setiap saat karena sudah berupa lagu.

Silahkan download secara gratis lagu ALAM DEWATA BAND yang berjudul Saraswati Puja disini. Semoga dengan adanya lagu ini kita semua menjadi senang menyayikan mantra saraswati. Semoga keberadaan Alam Dewata band ini bisa menjadi inspirasi buat kalangan muda kreatif di seluruh Indonesia.

Rahajeng Rahina Saraswati...RAHAYU!