JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Telung Oton Ni Made Anidya Jayanti


Wayanyasanet, Dalam kalender Bali otonan dirayakan setiap 210hari (setiap 6 bulan). Otonan berasal dari kata “pawetuan”, yaitu peringatan hari lahir menurut tradisi agama Hindu di Bali yang didasarkan pada Sapta wara, Panca wara, dan Wuku.

Pada 05 Maret 2017 Ni Made Anidya Jayanti melaksanakan upacara Telung Oton (Megundul). Upacara dilaksanakan sederhana dengan hanya mengundang sanak keluarga dekat saja. Yang terpenting Upacara berjalan hikmat dan lengkap banten sesuai yang utama. 

Harapannya semoga Dek Ni menjadi anak yang berbakti dan santun sesuai dengan makna otonan yang dimana Otonan tidak mesti dibuatkan upacara yang besar dan mewah, yang terpenting adalah nilai rohaninya, sehingga nilai tersebut dapat mentransformasikan pencerahan kepada setiap orang yang melaksanakan otonan.

Tidak ada gunanya otonan yang besar namun si anak tidak pernah diajarkan untuk sungkem dan hormat pada orang yang lebih tua, akan sia-sia upacara otonan itu jika hanya untuk pamer kepada tetangga.

Otonan harus dapat merubah perilaku yang tidak benar menjadi tindakan yang santun, hormat, bijaksana dan welas asih baik kepada orang tua, saudara, dan masyarakat.


Otonan yang dilaksanakan dengan sadhana akan mengarahkan orang tersebut kepada realisasi diri yang tertinggi. Karena dalam upacara otonan terkandung makna bahwa kita berasal dari Brahman dan harus kembali kepadaNya. Astungkara...RAHAYU!