JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Odalan Di Pura Desa Banjar Cau Marga


Pada hari ini rabu,03 Desember 2014 atau balinya Buda Umanis Julungwangi tepat odalan di Pura Desa Cau Marga Tabanan - Bali. Sebelum odalan ada beberapa rentetan kegiatan yang harus dilakukan oleh banjar adat penyucuk. Pertama seminggu sebelum odalan dilakukan pebersihan di Pura setempat dari pagi sampe jam 9 saja.

Setelah itu dilakukan untuk masang wastra dan perlengkapan lainya seperti membuat sanggah surya, membuat katik sate, pancak dan menghias pelinggih. Dihari berikutnya membuat berbagai olahan makanan untuk banten atau sesajen dengan memotong ayam bali, bebek dll nya yang berkaitan dengan bebantenan untuk odalan.

Pas pada hari odalan paginya nampah babi buat kelengkapan makan untuk pengayah dan sedikit untuk banten. Pagi melakukan mebat dahulu selanjutnya langsung ngiring ke beji. Pada hari ini saya nampak miris melihat kaum yang lebih muda semangat kerjanya kendor dan yang Tua dan bahkan lanjut usia semangat masih bekerja dengan maksimal itu terlihat dari mengangkut sampah menaikan dari jalan ke mobil yang bekerja hanya yang sudah lanjut usia sementara yang lebih muda hanya berpangku tangan melihat saja, ohh sungguh kecewa melihat itu semua.

Kalau sudah giliran makan semua pada semangat dan nampak yang tidak bekerja maksimal itu yang buas makanya,,ohh sungguh heran!!! Sehabis makan bersama acara ke beji dimulai tanpa harus pulang dahulu.

Kegiatan semua selesai pukul 12 siang dan malamnya hanya akan melakukan persembahyangan bersama. Semoga berkenan dan untuk karye selanjutnya para pemuda lebih sadar dan aktif...rahayu
Powered by Telkomsel BlackBerry®