JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Purnama Sasih Kapat

pura dalem cau marga
Setelah pertama kalinya mama ija melakukan persembahyangan bersama dedek di Tilem sasih katiga beberapa lima belas hari yang lalu, kali ini mama ija melakukan persembahyangan Purnama pertama kalinya bersama dedek di dua pura yang ada di desa Cau Marga yakni Pura Prajepati dan Pura Dalem.

Bertepatan hari ini Redite Pahang Pasah sasih Kapat tanggal terakhir bulan sembilan Minggu,30 September 2012 mama ija bersama kandunganya melakukan persembahyangan pertama PURWANI (Purnama) di Pura Dalem yang merupakan Pura besar dari salah satu Pura trikhayangan tiga yang ada di Banjar Cau Marga, Tabanan - Bali.

Dimulai dengan membeli perlengkapan berupa buah, busung dll nya di peken marga berlanjut membuat sesajen dan canang meraka dibantu oleh sang ibu, mama ija terlihat semangat untuk melakukan persembahyangan purwani pertama kali ini. Semua perlengkapan sembahyang sudah rampung, sekitar jam empat sore mama ija mulai melakukan persembahyangan yang pertama di Pura Prajepati bersama Luh Nia dan Luh Devi.

Selesai melakukan persembahyangan yang pertama, mama ija mulai berjalan ke pura dalem untuk melakukan persembahyangan yang kedua agar bisa cepat selesai. Dengan suasana yang sejuk dan terang membuat persembahyangan purwani kali ini berjalan hikmat. Walaupun tidak banyak umat yang mengikuti upacara rutin purwani ini, tidak membuat proses upacara purwani sasih kapat berjalan tidak meriah. Dengan ketulusan hati serta rasa tulus iklas melakukan persembahan yadnya serta dengan banyak bersyukur maka semua menjadi terasa bahagia sesuai kehendak bersama, yaitu sehat, aman dan sejahtera.

pura prajepati cau marga
Upacara purnama sasih kapat berpuncak pada persembahyangan bersama oleh umat di Pura Dalem setempat. Diawali dengan persembahan yang diaturkan oleh pemangku pura dalem memberi tanda bahwa upacara NGACI purnama sasih kapat akan segera dimulai. Puja trisandya dimulai! dilanjutkan dengan puja kramaning sembah atau panca sembah oleh semua umat banjar Cau. Setelah melakukan persembahyangan dilanjutkan dengan nunas tirta dan nyurud banten masing-masing.

Dengan ketulusan melakukan persembahyangan mama ija memanjatkan syukur atas karunia yang sudah diberikan selama ini oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Semoga di persembahyangan Purnama Sasih Kapat pertama kalinya dengan kondisi mengandung kali ini mama ija dan dedek diberikan kesehatan serta kebahagiaan untuk membangun keluarga yang berdasarkan dharma.

Semoga mama ija dengan kandunganya selalu diberikan kesehatan untuk menjalani hari-harinya sehingga bisa melahirkan dengan normal pada waktunya nanti. Setelah upacara purwani selesai sekitar jam enam sore waktu Bali, mama ija melakukan persembahyangan di merajan rumah.

Semua sudah selesai dengan baik, selanjutnya mama ija berkemas-kemas untuk nonton joged di wantilan Banjar Adat Cau Marga Tabanan - Bali yang dipersembahkan oleh Truna-Truni / Stt.Adi Wiguna yang merupakan rangkaian hari ulang tahunya kemaren.

Selamat menonton, dan semoga semua hidup berbahagia. Damai di Hati, Damai pikiran maka damailah NusantaraKu. Salam Waow! Thx..