JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Purnama Sasih Kasanga

photo by : Wayan yasa (ancol hotel putri duyung)
Rabu,07 Maret 2012 hari ini merupakan hari bulan penuh atau istilah Balinya Purnama. Purnama kali ini membawa keistimewaan tersendiri dikarenakan merupakan Purnama yang terakhir ditahun caka Bali yang menandakan lagi 15 hari merupakan Tilem Sasih Kesanga sebagai awal tahun Baru caka Bali.

Pada hari ini umat hindu di Bali pada khususnya menghaturkan Canang Raka atau canang Sari di pemerajan yang ada di Masing-masing rumah memohon keselamatan dan penganugrahan, Rahayu. Ada yang berbeda pada hari Purnama Sasih Kasanga kali ini di Banjar Cau Desa Tua Marga, yaitu bertepatan dengan bulan penuh ada Odalan atau Karya Gede di Pura Pucak Padang Dawa yang dimana sesuhunan yang disungsung oleh Banjar Cau akan Datang (Lunga) ke Pura tersebut untuk ikut dalam pekaryan.

Pada Odalan kali ini saya tidak bisa mengikuti karya yang diadakan 3 hari lamanya karena mesti bekerja di Jakarta. Seperti sedia kala Sesuhunan Cau Belayu lunge (datang) ke Pura Pucak Padang Dawa untuk mengikuti upacara yang bertepatan dengan purnama sasih kesanga. Ida Ratu Sakti di Pura Pucak hanya 1 Hari 1 malam pas pada puncak karya saja.

Setelah melakukan upacara seperti biasa Ida Ratu Sakti Ngererep (bermalam) di Banjar Cau Marga untuk melakukan Kunjungan (simpang). Karena tradisi ini sudah dilakukan secara rutin dari orang tua dulu sehingga harus dilanjutkan dan dibudayakan.. Ida Ratu Sakti hanya 1 malam di banjar Cau Marga selanjutnya akan Budal (Balik) ke Cau Belayu.

Sebagai panjak (Pengikut) yang baik, melalui wayanyasadotcom mengucapkan selamat merayakan karya dan mohon maaf saya tidak bisa mengikuti acara ini. Dalam dunia niskala nunas ampure sareng sesuhunan sane wenten ring Bali titiang ten prewide pedek tangkil. Rahayu! Suksma.
Menjadi hal sangat spesial jika sudah pas purnama adanya suatu odalan di salah satu Pura. Selanjutnya akan ada bagaimana perjalanan Upacara atau odalan ini. Salam!