JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Tilem Sasih Kaulu/Anggara Kasih Medangsya

foto by Wayan yasa
Pada hari ini 21/02/2012 merupakan bulan mati yang dimana tidak nampaknya bulan dilangit pada malam hari. Umat Hindu di Bali biasanya melakukan upacara keselamatan, persembahyangan memberi canang sari serta segehan dengan maksud memohon ketentraman. Bulan mati (tilem) jatuh setiap 15 hari sekali dihitung tepat dari Hari Purnama setiap bulanya yang akan selalu hadir disepanjang matahari masih menyinari bumi tercinta.

Tepat dihari Tilem Sasih Kaulu sekarang diperhitungkan tiga puluh hari kedepan akan dirayakan kegiatan besar umat Hindu yang dinamakan sasih Kesanga (Pengerupukan) yang tentunya ditunggu banyak kalangan, baik umat Hindu bahkan dunia mengakui kemeriahan kegiatan ini. Lima belas hari dari Tilem Kaulu dinamakan Purnama Sasih Kesanga dan keesokan hari dari Tilem Kaulu disebut Buda Umanis Medangsya.

Tilem Sasih Kaulu membawa banyak hikmah-hikmah positif ddibuktikan banyak diperingati lahirnya suatu tempat suci atau odalan dibeberapa pura yang ada di Bali bahkan di Indonesia. Adapun Rerainan atau Odalan di Bulan Februari 2012 saya lampirkan di postingan yang sudah saya informasikan lengkap disini.

Semoga dihari Tilem Sasih Kaulu 2012 kali ini membawa banyak berkah untuk sahabat-sahabat semua. Harapan besar agar umat Hindu selalu Eling (Ingat) akan pentingya suatu hari rerainan, kalau tidak kita siapa lagi sehingga terjadi keseimbangan antara buanan agung dan buanan alit. Selamat merayakan Tilem Sasih Kaulu bagi yang merayakanya. Suksma!