JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Purnama Sasih Kaulu Odalan di Cikarang

foto by: Wayan yasa
Setiap enam bulan sekali Kelompok media Bali Post selalu rutin memperingati kelahiran bangunan suci yang ada di kantor Cikarang. Panitia piodalan kali ini di pimpin oleh Ida Bagus Winaja yang di kenal akrab Pak Bagus, yang bernaung dalam sebuah organisasi yang disebut Organisasi Suka Duka KMB Jakarta.

Persiapan upacara sudah dilakukan sejak dua minggu sebelum upacara berlangsung. Dengan membeli alat yang diperlukan seperti janur, buah, banten yang sudah jadi, kain kafan, bambu, dan berbagai alat pernak pernik lainya menandakan acara ini begitu akan sangat mebah dilaksanakan nantinya.
"Ringan sama dijinjing berat sama dipikul" merasa diri bagian dari Kelompok suka duka KMB Jakarta saya pun melaksanakan tugas yang diberikan oleh ketua panitia dengan penuh ketulusan dan tanggung jawab. Adapun tugas saya kali ini mendapat membuat penjor, mereresik di padmasana cikarang, membuat asagan, membuat sanggah surya, membuat sanggah cukcuk untuk caru dan menghias pelinggih dengan kain. Dalam pembagian tugas saya ini ada dua teman yang masuk dalam kelompok saya yakni, Bli Anom dan Bli Ketut Heri.

Jumat,03 Februari 2012 merupakan hari pertama saya melakukan ayahan (kewajiban) di padmasana cikarang. Walau tanggal 02 malam sebelumnya saya baru datang dari bali, yaa bisa dibilang masih dalam keadaan capek, namun tidak menyurutkan niat saya untuk melakukan kewajiban saya sebagai bagian dari Kelompok suka duka KMB Jakarta untuk melakukan tugas yang intruksikan dengan baik.

 

Bersama dua teman (Bli Anom en Bli Heri) saya berangkat ke cikarang sekitar jam 09:30 wib ke padmasana cikarang untuk melakukan tugas. Terasa sangat ringan jika kita sudah saling bahu membahu menyelesaikan suatu pekerjaan, yup dibantu oleh anak-anak cikarang dan beberapa teman dari suka duka KMB Jakarta pekerjaan hari ini berjalan lancar dan begitu terasa sangat cepat selesainya. Setelah melakukan kewajiban kita bersama, makanan nasi padang pun disuguhkan, Ohh makasi.

Balik Kantor Jakarta menempuh sekitar dua jam perjalanan. Semua terasa sangat cepat dan kilat menandakan kewajiban hari ini sudah selesai. Makasi Bli Anom en Bli Tut yaa! Pada Senin,06 Februari 2012 saya dan tiga teman lainya sore hari sehabis menyelesaikan pekerjaan kantor saya lagi melanjutkan pekerjaan yang masih tersisa seperti membuat penjor. Sampai sekitar jam 18 sore sampe di padmasana Cikarang, langsung mengerjakan penjor banyak teman membantu sehingga terselesaikan hanya dengan waktu dua jam. en,,,nasi padang menghampiri lagi.

Purnama Sasih Kapitu odalan pun di mulai, saya berangkat ke cikarang sekitar jam 15:15 wib. sampai disana sekitar jam 17:25 wib di cikarang langsung menyasar mie ayam untuk mengisi perut yang teriak-teriak. Setelah itu langsung ganti pakaian, masuk ke padmasana melakukan pengeresikan keliling gedung, selanjutnya sembahyang bersama. Bersenda gurau sedikit, langsung nyurup. Kesempatan nyurud ini saya jadikan waktu untuk puto-puto bentar, setelah itu makan.

Semua sudah selesai sesuai harapan, damai, damai, damai....ada tabuhan berupa bir bintang. Sekitar jam sepuluh malam saya langsung balik ke kantor jakarta di tempuh dalam waktu kurang lebih dua jam sampe kantor. Balik mes tidak lupa absen dan berdoa kalau upacara hari ini sudah selesai. Bersih-bersih, tidak mandi tapi tidak lupa menggosok gigi. hii hii...TIDUR!...

Ada beberapa foto yang saya ambil di padmasana cikarang silahkan klik disini. semoga berkenan!