JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Hakekat Makalah

foto by : Wayan yasa

A. HAKEKAT MAKALAH

 Makalah merupakan tulisan formal mengenai suatu topik tertentu untuk disampaikan kepada khalayak, baik dalam bentuk tertulis maupun untuk disampaikan dalam forum-forum ilmiah, seperti seminar, simposium, atau diskusi-diskusi ilmiah lainya. Kadang-kadang makalah juga disusun untuk diterbitkan dalam media-media massa atau  jurnal-jurnal ilmiah.

Makalah biasanya ditulis untuk kepentingan ilmiah dalam bidang keilmuan tertentu yang disampaikan pada sebuah acara ilmiah.para pakar disiplin ilmu tertentu yang disampaikan pada sebua acara ilmiah. Para pakar disiplin ilmu tertentu kerap kali menyampaikan dan meyebarkaluaskan disiplin ilmu yang digelutinya kepada khalayak melalui sajian-sajian makalah.Selain oleh seorang pakar dalam bidang keilmuan tertentu, makalah juga biasanya oleh seorang para pelajar dan mahasiswa untuk memenuhi tuntutan akademik di bangku kuliah.

Makalah merupakan salah satu bentuk karya ilmiah. Suatu tulisan bisa di golongkan ke dalam kategori tulisan ilmiah apabila dalam penggarapanya dilakukan secara objektif, empiris, dan mendalam. Keobjektifan tersebut harus didukung oleh fakta-fakta dan informasi-informasi yang telah teruji keaslianya. Selain keobjektifan, keilmiahan informasi dari suatu makalah harus melewati hasil pengkajian yang mendalam.

Makalah biasanya di tulis sesuai dengan konvensi berikut ini.
1. Halaman=halaman pendahuluan (kata pengantar,daftar isi).
2. Pendahuluan.
3. Isi Makalah.
4. Penutup.
5. Daftar Pustaka.

Karena jam tangan saya sudah menunjukan pukul 23.38 WIB waktu Jakarta maka saya tutup dulu postingan ini sampai disini, dipostingan berikutnya saya akan membahas tentang "Langkah-langkah Menulis Makalah". semoga postingan kali ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

sumber : BMP MKDU4110 (Bahasa Indonesia) penerbit : Universitas Terbuka