JUAL BELI PERALATAN PHOTOGRAPHY DI BALI

Langkah-langkah Menulis Makalah

foto by : Made Jelas photography

B. LANGKAH-LANGKAH MENULIS MAKALAH

Secara sederhana, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menulis makalah. Langkah-langkah tersebut akan kita bahas lebih rinci di bawah ini.
1. Menentukan Pokok Masalah (Topik)
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan topik atau pokok masalah. Langkah ini sangatlah penting dilakukan karena tanpa ada masalah kita akan mengalami kesulitan untuk mengumpulkan fokus bahan tulisan.
Dalam menentukan pokok masalah, kita akan tidak dapat langsung menentukan begitu saja tetapi perlu memperhatikan perkembangan empiris dan memiliki standar acuan ideal dari sebuah pokok bahasan. Standar tersebut diperlukan karena suatu masalah terjadi apabila adanya kesenjangan antara kriteria ideal dengan hal yang terjadi di lapangan.
Contoh :
Siswa kelas II Sekolah Dasar idealnya sudah mampu untuk menulis huruf abjad dari A sampai dengan Z dan menulis angka dari 1 sampai dengan 10. Tetapi Anda menemukan hal yang berbeda di sekolah Anda (lapangan). Ada beberapa siswa yang masih kurang mampu untuk menuliskan huruf-huruf abjad dan angka-angka. Hal tersebut bisa dijadikan topik.

2. Menentukan Tujuan
Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan. Tujuan itu bermacam-macam dalam menulis makalah, seperti untuk presentasi tentang suatu bidang ilmu oleh seorang pakar atau hanya untuk memenuhi salah satu tugas dari sebuah mata kuliah/mata pelajaran yang dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa.

3. Mengumpulkan Bahan Tulisanan
Setelah pokok masalah ditentukan, kita melakukan langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan bahan tulisan. Pengumpulan bahan tulisan untuk makalah bisa dari informasi di sekitar/lingkungan yang berkaitan dengan pokok makalah atau sumber lain seperti buku, jurnal, dokumen, surat kabar, dan sebagainya.

4. Menyusun Kerangka Makalah
Penjelasan mengenai kerangka karangan sudah dibahas secara mendetail pada bagian sebelumnya. Penyusunan kerangka makalah sangatlah penting untuk mengembangkan bagian pendahuluan dan tubuh (isi) makalah. sedangkanbagian lain seperti, kata pengantar, daftar isi, dan kesimpulan akan ditulis berdasarkan hasil tulisan yang ada pada bagian pendahuluan dan isi dari makalah.

5. Mengembangkan Kerangka Makalah
Dalam mengembangkan kerangka karangan, secara otomatis kita sudah melewati langkah-langkah pengumpulan bahan tulisan dan penyusunan kerangka karangan. Pengembangan kerangka makalah sangat bebas dalam menggunakan istilah keilmuan yang sesuai dengan bidang yang sedang dipermasalahan.

6. Menyusun Daftar Pustaka
Sumber tertulis yang telah dikutip dalam makalah dicantumkan di daftar pustaka. Adapun sumber-sumber lain yang tidak dikutip walaupun telah kita baca tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka. 
Komponen-komponen yang harus ada dalam daftar pustaka adalah
a. nama pengarang;
b. tahun penerbitan;
c. judul sumber tertulis;
d. kota tempat terbit; dan
e. nama penerbit.
Contoh:
Keraf, Gorys 1998. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah

Sampai disini untuk pembahasan hari ini, untuk selanjutnya saya akan membahas tentang "Teknik Notasi Ilmiah" semoga bermanfaat, salam....

sumber : BMP MKDU4110 (Bahasa Indonesia) penerbit : Universitas Terbuka